Mengukur kecepatan ISP anda

Berapa sebenarnya kecepatan koneksi anda ketika terhubung ke ISP? Kenapa koneksi terasa lambat ? Tips ini dapat mengukur kecepatan koneksi menggunakan web browser, baik untuk akses via modem, leased line (Astinet), ADSL, cable modem, dll.

Untuk mengukur kecepatan koneksi, ketika membuka suatu halaman maka kita akan men-download sejumlah data dari server tersebut. Setelah proses tersebut selesai, maka kecepatan koneksi dapat dilihat.

Coba anda kunjungi ke
http://computingcentral.msn.com/internet/speedtest.asp atau http://home.cfl.rr.com/eaa/Bandwidth.htm
Link ini sangat bermanfaat untuk mengukur kecepatan efektif koneksi ke situs luar negeri. Karena berlokasi di US, maka kecepatan koneksi ini dapat mengukur seberapa jauh performansi dan besar bandwidth koneksi (ISP) anda ke luar negeri.

Bagi yang menggunakan akses Telkom-net, pengukuran ini relatif lebih akurat karena menggunakan jaringan internal. Bila anda menggunakan modem 56 Kbps, dan saluran telepon anda cukup bagus, maka kecepatan koneksi lebih dari 40 kbps bisa anda dapatkan. Apabila kecepatan pengukuran ini jauh lebih rendah dari yang ditunjukkan pada PC Windows, maka kemungkinan besar driver modem anda kurang cocok
Untuk mengulangi pengukuran, gunakan menu Refresh atau Ctrl-Refresh. Langkah tersebut diatas diperlukan untuk memastikan anda mendownload data dari server dan bukan dari cache proxy di tempat anda. Bila anda mendapatkan kecepatan mentok, kemungkinan besar anda men-download cache.

SEMOGA BERGUNA!!!



2 comments:

  1. Makasih ya atas infonya, wah jadi tahu nih cara ngetes kecepatan koneksi saya. Monggo mampir di blog saya yg masih baru. Mksh

    ReplyDelete
  2. Kalau kasusnya begini apa masalahnya bang?
    Test ke speedtest tool dapatnya cukup tinggi, tapi kalau buat browsing kok lemot. Saya pakai speedy,,,

    ReplyDelete